IDE BISNIS KREATIF

 

           Hai teman-teman.. Welcome to my blog J Kali ini saya mau memberi sedikit informasi tentang Ide Bisnis. Yuk kita simak sama-sama penjelasannya.

Ide usaha (bisnis) adalah respon seseorang, banyak orang, atau suatu organisasi untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di suatu lingkungan (pasar, masyarakat). Mencari sebuah ide bisnis yang bagus adalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas pengusaha menjadi peluang usaha/bisnis.

Setiap ide adalah awal dari mendapatkan peluang. Maka jangan lewatkan setiap peluangmu. Jika kehilangannya, maka carilah yang lain. Gali lagi dan lagi idemu untuk memulai ataupun mengembangkan bisnis yang lagi dirintis.

Ø  Sumber Ide Bisnis

1.    Kebutuhan dan Permintaan Pasar. Kejelian seseorang melihat kebutuhan dan permintaan pasar merupakan peluang untuk memulai bisnis. Ide bisnis berdasarkan kebutuhan dan permintaan pasar akan menjadikan usaha tersebut dibutuhkan oleh konsumen sehingga produk yang dihasilkan akan dengan mudah dijual yang akan menghasilkan keuntungan, dan ini menjadikan bisnis akan berjalan selama ada kebutuhan dan permintaan pasar.

Contohnya : Tukang Jahit, dibutuhkan masyarakat yang mengalami masalah dengan pakaiannya entah kekecilan atau kebesaran.

2.    Keahlian. Pepatah mengatakan ala bisa karena biasa, inilah yang menjadikan sangat jarang seseorang memeliki keahlian tertentu. Sedikit sekali seseorang memiliki keahlian, oleh karenanya ide bisnis yang bersumber dari keahlian jika dilaksanakan akan mengantarkan seseorang berbeda dari yang lain. Ini sangat menguntungkan sekali dalam menjalankan bisnis yang hanya orang tertentu saja yang bisa menjalankannya dengan kata lain saingannya sedikit sekali.

Contoh : Dokter gigi, hanya dokter yang berspesialis gigi saja yang dapat membuka klinik dokter gigi.

3.    Hobi. Sumber ide bisnis berdasarkan hobi akan menjadikan sesorang bersemangat dalam melakukan bisnis. Bisnis yang didasarkan pada hobi akan menjadikan seseorang betah pada bisnis tersebut yang menjadikan seseorang akan fokus pada bisnis yang dijalankan.

Contoh : Fotografer yang memiliki hobi memotret suatu obyek dan dapat membangun usaha foto studio.

4.    Kreativitas. Kreativitas seseorang dalam menciptakan produk yang unik dan bermanfaat bagi orang banyak merupakan sember ide bisnis. Dengan kreativitas produk yang dihasilkan akan memiliki daya tarik tersendiri bagi kebanyakan konsumen.

Contoh : Penjual makanan bervariasi unik, seperti hal-hal baru misalnya penjual makanan surabi pedas hal yang tidak pernah terfikirkan orang lain sebelumnya.

5.    Jaringan dan relasi. Bersilaturahmi merupakan kunci akan datangnya rejeki berupa relasi yang akan membentuk jaringan. Ide bisnis berdasarkan jaringan dan relasi ini memiliki keuntungan adanya tingkat kepercayayaan yang baik. Semakin luas jaringan dan relasi, maka akan semakin besar kesempatan kita untuk menawarkan barang atau jasa yang kita miliki. 

Contoh : Banyaknya teman dan relasi akan mempermudah bagian promosi bisnis yang dijalankan missalnya menjalankan strategi word of mouth.

6.    ATM. Bisnis yang dimulai ATM (amati, tiru, modifikasi) merupakan bisnis yang paling mudah dilaksanakan. Ide bisnis yang dimulai dari membuat barang atau jasa yang sudah ada merupakan kegiatan yang paling mudah dan sangat cepat untuk dilaksanakan dikarenakan tidak memerlukan sesuatu yang baru yang membutuhkan riset dan persiapan khusus.

Contoh : Menjual produk yang dibeli dari supplier, misalnya penjual kue-kue kering.

7.    Nasehat atau saran. Mencari ide bisnis dengan cara meminta nasehat dari orang-orang yang sukses dalam bisnis adalah langkah baik dikarenakan kita akan belajar banyak dari pengalaman orang tersebut tanpa harus merasakan kegagalan orang tersebut serta mengetahui langkah-langkah yang harus dilaksanakan.

Contoh : Meminta saran dari berbagai orang terdekat dan orang yang berpengalaman.

 

Ø  Mengembangkan Ide Bisnis

Sudah jelas bahwa tidak ada bisnis besar tanpa ide. Meski begitu, tanpa perkembangan yang tepat, gagasan apapun akan tetap menjadi ide dan tidak akan pernah menjadi bisnis yang sukses. Jika menemukan sebuah gagasan yang mungkin bisa mengarah pada peluncuran bisnis, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat mengembangkan ide/gagasan itu ke arah yang benar.

1.    Menentukan sumber ide bisnis. Sumber ide bisnis bisa datang dari dalam diri sendiri, diberi tahu oleh orang lain, hasil tukar pikiran, diskusi dengan teman, atau ingin meniru ide bisnis dari sebuah bisnis yang sudah berjalan.

2.    Menentukan ide bisnis yang bagus. Ide bisnis ditemukan melalui pemikiran yang positif dan kreatif. Ide bisnis datang dari berbagai sumber yang berbeda. Ide binsis yang bagus biasanya asli dan mencerminkan kesempatan bisnis yang perlu dirambah (kegiatan baru) atau cara baru untuk mengembangkan kegiatan yang terkait dengan bisnis-bisnis tradisional. Kesempatan bisnis adalah suatu celah antara apa yang dibeli oleh masyarakat dengan apa yang saat ini ditawarkan oleh bisnis yang sudah ada.

3.    Daftar ide bisnis. Tulislah semua ide yang timbul dalam pikiran sebelum benar-benar memulai bisnis. Daftar ide ini yang nantinya dijadikan pembanding antara ide yang satu dan ide yang lainnya agar benar-benar menghasilkan satu ide yang kreatif dan inovatif. Untuk mendatakan ide bisnis yang baik, harus mendengarkan orang-orang yang berpotensi menjadi pelanggan dan lingkungan sekitar. Mendengarkan calon pelanggan adalah suatu upaya menentukan ide bisnis yang tepat karena bisnis yang dijalankan nantinya benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar/pelanggan. Selain itu, amati juga lingkungan sekitar tempat tinggal. Kira-kira, hal menarik apa yang bisa dijadikan ide bisnis yang kreatif dan inovatif.

4.    Persaingan dengan produksi asing. Biasanya konsumen membutuhkan produk yang bukan hanya murah tetapi kualitasnya bagus. Oleh karena itu, jika produk tidak sesuai dengan kebutuhan pasar, maka prosuk kita kalah bersaing dengan prosuk orang lain yang secara kualitas dan kuantitas lebih baik dari produk kita.

5.    Menentukan Pemirsa/pasar. Sekalipun idenya benar-benar hebat, itu mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan pasar. Itulah mengapa hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan target atau orang-orang yang akan membeli dan menggunakan produk. Jika hal di atas sudah dilakukan, saatnya untuk mendengarkan dan mengamati. Jika produk yang diciptakan ditujukan untuk menyelesaikan masalah tertentu yang dihadapi industri, pastikan untuk memetakan masalah ini. Ikuti sumber informasi otoritas industri yang spesifik, ikuti tren terbaru di sektor, lihat blog yang dijalankan oleh influencer utama Industri dan mendengarkan percakapan yang terjadi di niche.

6.    Penelitian dan Analisis Ide. Sebelum bergerak atau memulai menjalankan bisnis, ada harusnya gagasan itu diteliti dari berbagai perspektif. Pertama, pikirkan calon pelanggan. Pertimbangkan tidak hanya orang-orang yang akan membeli produk atau mereka yang akan berinteraksi langsung dengannya, tetapi juga hal yang mungkin berperan dalam bagaimana produk berada di pasaran.

 

Ø  Tutorial Mengetahui Sumber-sumber Utama Ide Bisnis



Demikian artikel ini saya buat semoga dapat abermanfaat untuk kalian ya teman-teman. Terima kasih sudah menyimak. Have a nice day …

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN BISNIS PISCOK & PISTRAW LUMER

BUSINESS PLAN