IDE BISNIS KREATIF
Hai teman-teman.. Welcome to my blog J Kali ini saya mau memberi
sedikit informasi tentang Ide Bisnis. Yuk kita simak sama-sama penjelasannya.
Ide
usaha (bisnis) adalah respon seseorang, banyak orang, atau suatu organisasi
untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di
suatu lingkungan (pasar, masyarakat). Mencari sebuah ide bisnis yang bagus
adalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas pengusaha menjadi
peluang usaha/bisnis.
Setiap
ide adalah awal dari mendapatkan peluang. Maka jangan lewatkan setiap
peluangmu. Jika kehilangannya, maka carilah yang lain. Gali lagi dan lagi idemu
untuk memulai ataupun mengembangkan bisnis yang lagi dirintis.
Ø Sumber Ide Bisnis
1.
Kebutuhan dan Permintaan Pasar. Kejelian
seseorang melihat kebutuhan dan permintaan pasar merupakan peluang untuk
memulai bisnis. Ide bisnis berdasarkan kebutuhan dan permintaan pasar akan
menjadikan usaha tersebut dibutuhkan oleh konsumen sehingga produk yang
dihasilkan akan dengan mudah dijual yang akan menghasilkan keuntungan, dan ini
menjadikan bisnis akan berjalan selama ada kebutuhan dan permintaan pasar.
Contohnya
: Tukang Jahit, dibutuhkan masyarakat yang mengalami masalah dengan pakaiannya
entah kekecilan atau kebesaran.
2.
Keahlian. Pepatah mengatakan ala bisa
karena biasa, inilah yang menjadikan sangat jarang seseorang memeliki keahlian
tertentu. Sedikit sekali seseorang memiliki keahlian, oleh karenanya ide bisnis
yang bersumber dari keahlian jika dilaksanakan akan mengantarkan seseorang
berbeda dari yang lain. Ini sangat menguntungkan sekali dalam menjalankan
bisnis yang hanya orang tertentu saja yang bisa menjalankannya dengan kata lain
saingannya sedikit sekali.
Contoh
: Dokter gigi, hanya dokter yang berspesialis gigi saja yang dapat membuka
klinik dokter gigi.
3.
Hobi. Sumber ide bisnis berdasarkan hobi
akan menjadikan sesorang bersemangat dalam melakukan bisnis. Bisnis yang
didasarkan pada hobi akan menjadikan seseorang betah pada bisnis tersebut yang
menjadikan seseorang akan fokus pada bisnis yang dijalankan.
Contoh
: Fotografer yang memiliki hobi memotret suatu obyek dan dapat membangun usaha
foto studio.
4.
Kreativitas. Kreativitas seseorang dalam
menciptakan produk yang unik dan bermanfaat bagi orang banyak merupakan sember
ide bisnis. Dengan kreativitas produk yang dihasilkan akan memiliki daya tarik
tersendiri bagi kebanyakan konsumen.
Contoh
: Penjual makanan bervariasi unik, seperti hal-hal baru misalnya penjual
makanan surabi pedas hal yang tidak pernah terfikirkan orang lain sebelumnya.
5.
Jaringan dan relasi. Bersilaturahmi
merupakan kunci akan datangnya rejeki berupa relasi yang akan membentuk
jaringan. Ide bisnis berdasarkan jaringan dan relasi ini memiliki keuntungan
adanya tingkat kepercayayaan yang baik. Semakin luas jaringan dan relasi, maka
akan semakin besar kesempatan kita untuk menawarkan barang atau jasa yang kita
miliki.
Contoh
: Banyaknya teman dan relasi akan mempermudah bagian promosi bisnis yang
dijalankan missalnya menjalankan strategi word of mouth.
6.
ATM. Bisnis yang dimulai ATM (amati, tiru,
modifikasi) merupakan bisnis yang paling mudah dilaksanakan. Ide bisnis yang
dimulai dari membuat barang atau jasa yang sudah ada merupakan kegiatan yang
paling mudah dan sangat cepat untuk dilaksanakan dikarenakan tidak memerlukan
sesuatu yang baru yang membutuhkan riset dan persiapan khusus.
Contoh
: Menjual produk yang dibeli dari supplier, misalnya penjual kue-kue kering.
7.
Nasehat atau saran. Mencari ide bisnis
dengan cara meminta nasehat dari orang-orang yang sukses dalam bisnis adalah
langkah baik dikarenakan kita akan belajar banyak dari pengalaman orang
tersebut tanpa harus merasakan kegagalan orang tersebut serta mengetahui
langkah-langkah yang harus dilaksanakan.
Contoh
: Meminta saran dari berbagai orang terdekat dan orang yang berpengalaman.
Ø Mengembangkan Ide Bisnis
Sudah jelas bahwa tidak ada bisnis besar tanpa ide. Meski begitu, tanpa perkembangan yang tepat, gagasan apapun akan tetap menjadi ide dan tidak akan pernah menjadi bisnis yang sukses. Jika menemukan sebuah gagasan yang mungkin bisa mengarah pada peluncuran bisnis, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat mengembangkan ide/gagasan itu ke arah yang benar.
1.
Menentukan sumber ide bisnis. Sumber ide bisnis
bisa datang dari dalam diri sendiri, diberi tahu oleh orang lain, hasil tukar
pikiran, diskusi dengan teman, atau ingin meniru ide bisnis dari sebuah bisnis
yang sudah berjalan.
2.
Menentukan ide bisnis yang bagus. Ide bisnis
ditemukan melalui pemikiran yang positif dan kreatif. Ide bisnis datang dari
berbagai sumber yang berbeda. Ide binsis yang bagus biasanya asli dan
mencerminkan kesempatan bisnis yang perlu dirambah (kegiatan baru) atau cara
baru untuk mengembangkan kegiatan yang terkait dengan bisnis-bisnis
tradisional. Kesempatan bisnis adalah suatu celah antara apa yang dibeli oleh
masyarakat dengan apa yang saat ini ditawarkan oleh bisnis yang sudah ada.
3.
Daftar ide bisnis. Tulislah semua ide yang
timbul dalam pikiran sebelum benar-benar memulai bisnis. Daftar ide ini yang nantinya
dijadikan pembanding antara ide yang satu dan ide yang lainnya agar benar-benar
menghasilkan satu ide yang kreatif dan inovatif. Untuk mendatakan ide bisnis
yang baik, harus mendengarkan orang-orang yang berpotensi menjadi pelanggan dan
lingkungan sekitar. Mendengarkan calon pelanggan adalah suatu upaya menentukan
ide bisnis yang tepat karena bisnis yang dijalankan nantinya benar-benar sesuai
dengan kebutuhan pasar/pelanggan. Selain itu, amati juga lingkungan sekitar
tempat tinggal. Kira-kira, hal menarik apa yang bisa dijadikan ide bisnis yang
kreatif dan inovatif.
4.
Persaingan dengan produksi asing. Biasanya
konsumen membutuhkan produk yang bukan hanya murah tetapi kualitasnya bagus.
Oleh karena itu, jika produk tidak sesuai dengan kebutuhan pasar, maka prosuk
kita kalah bersaing dengan prosuk orang lain yang secara kualitas dan kuantitas
lebih baik dari produk kita.
5.
Menentukan Pemirsa/pasar. Sekalipun idenya
benar-benar hebat, itu mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan pasar. Itulah
mengapa hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan target atau
orang-orang yang akan membeli dan menggunakan produk. Jika hal di atas sudah
dilakukan, saatnya untuk mendengarkan dan mengamati. Jika produk yang
diciptakan ditujukan untuk menyelesaikan masalah tertentu yang dihadapi
industri, pastikan untuk memetakan masalah ini. Ikuti sumber informasi otoritas
industri yang spesifik, ikuti tren terbaru di sektor, lihat blog yang
dijalankan oleh influencer utama Industri dan mendengarkan percakapan yang
terjadi di niche.
6.
Penelitian dan Analisis Ide. Sebelum bergerak
atau memulai menjalankan bisnis, ada harusnya gagasan itu diteliti dari
berbagai perspektif. Pertama, pikirkan calon pelanggan. Pertimbangkan tidak
hanya orang-orang yang akan membeli produk atau mereka yang akan berinteraksi
langsung dengannya, tetapi juga hal yang mungkin berperan dalam bagaimana
produk berada di pasaran.
Ø Tutorial
Mengetahui Sumber-sumber Utama Ide Bisnis
Demikian artikel ini saya buat semoga dapat abermanfaat untuk kalian ya teman-teman. Terima kasih sudah menyimak. Have a nice day …
Komentar
Posting Komentar